Selasa 02 Dec 2014 16:12 WIB

Beberapa Badai Sasar California

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Julkifli Marbun
Badai (ilustrasi)
Badai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sistem badai Pasifik yang dipicu oleh angin subtropis sedang menuju California pada Senin (2/12). Peringatan mulai diteriakan seiring dengan hujan lebat yang beresiko timbulkan longsor.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan hujan diperkirakan turun pada Selasa dengan tingkat kelebatan berbeda-beda. Monitoring Badai mengatakan wilayah luas Sierra Nevada akan ditimpa badai salju namun akumulasinya tidak terlalu berbahaya.

Penduduk mulai bersiap hadapi badai. Mereka menempatkan ratusan karung pasir untuk menjaga properti di kota timur laut Los Angeles. Penduduk Glendora, Cory Hansen memenuhi sekeliling rumahnya dengan karung pasir.

"Ada ratusan," kata dia pada KABC-TV, dikutip AP. Ia mengatakan banyak penduduk sedang pergi untuk memasok lebih banyak karung pasir sebanyak-banyaknya. "Kita tak tahu apa yang bisa terjadi besok," kata dia.

Meski demikian beberapa wilayah di Los Angeles mengalami hujan dengan curah normal dalam satu tahun terakhir. Kota Redding yang berada 220 mil bagian utara San Francisco mencapai 124 persen curah hujan normal pada Senin setelah badai akhir pekan lalu.

Departemen Sumber daya air melaporkan bahwa Snowpack yang berada di Sierra Nevada berada dalam kondisi 24 persen normal pada Senin. "Kita lebih basah daripada tahun lalu, terutama di utara," kata peramal cuaca Layanan Cuaca Nasional Eric Kurth.

Menurutnya, wilayah California tidak menemui badai besar. Namun beberapa badai akan segera datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement