Rabu 03 Dec 2014 01:48 WIB

Muhammad Jadi Nama Bayi Paling Populer di Inggris

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Winda Destiana Putri
Bayi
Foto: News
Bayi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah fakta mengejutkan datang dari Inggris. Muhammad menjadi nama bayi laki-laki paling populer di Inggris.

Hasil itu keluar berdasarkan jajak pendapat yang dibuat situs BabyCentre. Daftar 100 nama bayi populer 2014 menunjukkan peringkat nama Muhammad naik 27 peringkat dari 2013 menjadi nomor tahun ini.

Situs BabyCenter.co.uk melakukan surveinya kepada 56.157 anggota yang melahirkan pada 2014. Secara umum ada lonjakan nama-nama Arab. Omar, Ali dan Ibrahim adalah nama baru yang muncul dalam daftar 100 nama bayi laki-laki.

Bagi bayi perempuan Nur menjadi nama baru yang masuk 100 besar. Nur menempati urutan 29. Sedangkan Maryam naik 59 peringkat menjadi 35. Posisi nmor satu ditempati oleh Sophia.

"Dengan meningkatnya nama-nam Arab dan Aarav, nama Indian, daftar 100 nama bayi menunjukkan keragaman yang meningkat di Inggris," ujar Direktur Pelaksana BabyCentre Sarah Redshaw, dilansir The Guardian, Rabu (3/12).

Nama-nama anggota kerajaan, seperti George jatuh lima peringkat. Nama tersebut tersingkir dari 10 besar dan menduduki peringkat 13. Nama Harry dan William juga mengalami penurunan.

Nama Muhammad yang menjadi jawara di Inggris memicu perdebatan. Riset yang dilakukan BabyCentre itu menggabungkan berbagai variasi ejaan Muhammad sehingga nama Muhammad meroket menjadi nomor satu.

Tahun lalu Oliver menjadi nama bayi paling populer di Inggris. Tercatat 3.499 nama Muhammad, 2.887 Mohammed dan 1.059 Mohammad dengan jumlah keseluruhan 7.445 bayi.

Awal tahun ini, Kantor Statistik Nasional (ONS) juga mengamini hasil jajak pendapat BabyCentre tersebut. Bedanya survei ONS dilakukan di England dan Wales.

Beberapa kalangan memperdebatkan jika berbagai variasi nama Muhammad itu dianggap sebagai nama yang sama, maka berbagai variasi nama Inggris, seperti Oliver dan Ollie dan James dan Jim juga harus diperlakukan sama. Bahkan, jika digabung nama Inggris itu jumlahnya melampaui Muhammad.

Namun, ahli bahasa Arab mengatakan perbandingan tersebut salah sebab perbedaan ejaan Muhammad muncul hanya dari transliterasi bahasa Arab ke bahasa Romawi. Juru bicara dari Arab British Centre mengatakan dengan berbagai variasi ejaannya, Muhammad tetaplah nama yang sama.

"Karena bahasa Arab adalah bahasa fonetis, artinya ketika seseorang mengucapkannya tidak otomatis mewakili bunyi sehingga menghasilkan vokal yang berbeda. Meski banyak orang menulisnya berbeda, itu tetap nama yang sama. Tidak seperti Oliver dan Ollie karena orang telah menyingkatnya," kata dia.

Berbagai variasi itu seperti Mohamad, Mohamed, Mohammad, Mohammed, Muhamad, Muhamed, Muhammad, Muhammed, Muhammet dan banyak lagi. Singkatan Mo dan Mohd tidak dihitung dalam survei.

"Tidak ada perbedaan dalam semua nama Muhammad. Terkadang itu hanya karena keluarga yang berasal dari Irak atau Mesir dan mereka mengucapkan berbeda," ujar juru bicara tersebut.

Penelitian BabyCentre juga menunjukkan film Frozen, Breaking Bad dan serial televisi lainnya memunculkan tren baru di Inggris. 

Berikut 10 besar nama bayi laki-laki paling populer di Inggris

1. Muhammad

2. Oliver

3. Jack

4. Noah

5. Jacob

6. Charlie

7. Harry

8. Joshua

9. James

10. Ethan

Nama bayi perempuan paling populer

1. Sophia

2. Emily

3. Lily

4. Olivia

5. Amelia

6. Isla

7. Isabella

8. Ava

9. Sophie

10. Chloe

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement