Jumat 05 Dec 2014 10:46 WIB

Ulang Tahun Raja Thailand Dirayakan di Penjuru Negeri

Rakyat Thailand berkumpul sambil mendoakan kesehatan sekaligus merayakan ulang tahun Raja Thailand yang sedang dirawat di RS di Bangkok, Jumat (5/12).
Foto: Reuters
Rakyat Thailand berkumpul sambil mendoakan kesehatan sekaligus merayakan ulang tahun Raja Thailand yang sedang dirawat di RS di Bangkok, Jumat (5/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Rakyat Thailand di seluruh negeri bergandeng tangan untuk mengatur kegiatan yang berbeda guna menghormati Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej pada kesempatan ulang tahun ke-87 nya pada 5 Desember.

Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand, Tourism Authority of Thailand (TAT), dan Jesada Technik Museum ikut mensponsori parade lebih dari 130 kendaraan mikro dan antik untuk menghormati Raja, yang adalah penggemar Motorcar, merayakan ulang tahunnya. Pawai dimulai di alun-alun Sanam Luang dan berakhir di museum, dengan jarak 14 kilometer.

Demikian pula, 'Thailand Off-Road Network' mengadakan 'Off-Road Classic Parade' dimulai dari Royal Plaza melewati Rajadamnoen Nok Avenue dan berakhir di Sanam Luang.

Sementara itu, Gubernur Bangkok Sukhumbhand Paribatra memimpin penanaman 1.888 pohon Shower Emas (Cassia fistula, dikenal di Thailand sebagai rajaphreuk) di sepanjang 14 kilometer jalan di Rat Uthit-Liab Waree dan kabupaten Min Buri-Nong Chok.

Menteri Perdagangan Jenderal Chatchai Sarikulya dan pejabat kementerian menandatangani pesan-pesan kepada Yang Mulia Raja. Mereka berharap baik sebelum melepaskan 290.000 ikan dan udang kembali ke alam liar untuk menghormati ulang tahun Raja, dan menindaklanjuti dengan tujuan Departemen Perikanan menyebarkan 88 juta ikan kembali ke alam liar di seluruh negeri.

Direktur Departemen Investigasi Khusus (DSI) Suwana Suwanjata memimpin para pejabat memberikan sedekah kepada sembilan biksu dan mengambil sumpah setia kepada Yang Mulia sebelumnya pada Jumat pagi, pada kesempatan yang dianggap baik itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement