Ahad 07 Dec 2014 13:43 WIB

UEA Komit Bantu Rakyat Palestina dan Suriah

Rep: c84/ Red: Agung Sasongko
bendera palestina
Foto: www.worldbulletin.net
bendera palestina

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Putra Mahkota Abu Dhabi dan Deputi Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA), Shaikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan menyatakan komitmen UEA untuk mendukung kemanusiaan di seluruh dunia. Dalam percakapan telepon dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki Moon, ia membahas isu-isu kemanusiaan, krisis Palestina, dan kondisi pengungsi Suriah.

"Kami adalah mitra kunci dari PBB dan organisasi terkait dalam mendukung kemanusiaan, terutama operasi bantuan di berbagai negara di dunia," ujarnya seperti dilansir khaleej times, Ahad (7/12).

Shaikh Mohammed menambahkan, di bawah arahan Presiden UEA, Yang Mulia Shaikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, UAE selalu berada di garis depan, memperluas dukungan melalui berbagai proyek kemanusiaan dan inisiatif untuk meringankan penderitaan di berbagai belahan dunia, untuk memperkuat persaudaraan dan persahabatan dan untuk mempertahankan prinsip-prinsip perdamaian.

Dia mengatakan, selain mendukung program bantuan bersama PBB, UEA memiliki inisiatif sendiri untuk membantu orang yang membutuhkan di seluruh dunia. Selama percakapan tersebut,  Shaikh Mohammed dan Ban Ki-moon membahas cara-cara untuk meningkatkan kerjasama antara UEA dan PBB dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan ke negara-negara yang berbeda.

Mereka juga membahas krisis anggaran World Food Programme dan implikasinya pada kondisi para pengungsi Suriah. Percakapan juga menyinggung Gaza dan rekonstruksi pembangunan proyek-proyek internasional disana, serta isu-isu regional, termasuk perkembangan di Yaman dan Libya.

Shaikh Mohammed secara menyatakan keprihatinan atas situasi kemanusiaan yang memburuk di Suriah. Dia menegaskan kembali komitmen UEA untuk mendukung rakyat Suriah dan membantu meringankan penderitaan mereka."Ketegangan  tersebut ditambah dengan tidak adanya solusi politik dan kurangnya sikap positif oleh pihak Israel yang bertanggung jawab atas kekerasan berulang yang menargetkan orang-orang dibawah ancaman terus-menerus," ujarnya.

Dia juga mengatakan akan terus mendukung rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya. Ban Ki-moon memuji dukungan UEA terus menerus untuk kegiatan PBB yang bertujuan untuk menyediakan kondisi hidup yang aman dan layak bagi masyarakat dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement