Senin 08 Dec 2014 20:20 WIB

Bapak Video Game ''Ralph Baer' Tutup Usia

Rep: c01 / Red: Hazliansyah
Ralph Baer
Foto: Epa Images
Ralph Baer

REPUBLIKA.CO.ID, -- Pria yang pertama kali membuat konsol video game, Ralph Baer, tutup usia di usia 92 tahun. Konsol video game ciptaannya dijadikan sebagai cetak biru bagi Xbox dan PlayStation.

Wafatnya Ralph pertama kali diberitakan oleh laman khusus game, Gamasutra. Kabar ini telah dikonfirmasikan langsung kepada orang terdekat Ralph, dilansir dari Time

Di penghujung hayatnya, Ralph masih tetap bersemangat untuk menciptakan produk-produk baru. "Saya merasa masih memiliki tuntutan untuk membuat suatu temuan baru yang dapat bekerja," ujar Ralph pada 2012 dalam sebuah wawancara dengan media Verge.

Selama hidupnya, Ralph Baer telah mematenkan 150 hak cipta, serta memenangkan banyak penghargaan dan tanda kehormatan. Di antara penghargaan itu, ada pernghargaan dari Mantan Presiden George W. Bush, yaitu Medali Nasional untuk Teknologi pada 2006. 

Selain itu, ada pula penghargaan nasional untuk penemu dalam Hall of Fame pada 2010. "Saya tak akan pernah cukup untuk berterimakasih pada Ralph atas apa yang ia berikan pada saya dan yang lainnya," ujar salah satu pendiri Apple Computers, Steve Wozniak.

Ralph merupakan seorang imigran Jerman. Ia pertama kali membuat konsol permainan bernama //Brown Box// pada akhir tahun 1960-an. Konsol ciptaannya ini kemudian masuk dipasaran pada 1972 dengan nama //Magnavox Odyssey//. 

Konsol ini terdiri dari satu unit elektronik utama yang dapat dihubungkan pada televisi. Konsol ini memungkinkan penggunaan oleh dua orang. Selain itu, konsol Magnavox Odyssey juga dilengkapi dengan slot untuk memasukkan kartu elektronik yang menyimpan berbagai permainan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement