Sabtu 13 Dec 2014 09:25 WIB

Alqaidah Asia Selatan Ditangkap Polisi Pakistan

Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)
Foto: EPA/Intel Center
Gerilyawan Alqaidah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI -- Polisi Pakistan telah menangkap lima tersangka anggota Al-Qaida dari cabang yang baru dibentuk Asia Selatan di kota selatan Karachi. Demikian kata para pejabat pada Jumat.

Para pejabat polisi dan keamanan mengatakan mereka percaya salah satu dari mereka yang ditangkap adalah kepala Karachi sayap Asia Selatan jaringan militan baru itu.

Kepala Al-Qaida, Ayman al-Zawahiri, mengumumkan pembentukan cabang baru Al Qaida Asia selatan pada September untuk jihad di Myanmar, Bangladesh dan India, yang besar tetapi secara tradisional populasi Muslim moderat.

"Lima teroris termasuk kepala Karachi Al-Qaida telah ditangkap di Lakri Gali, lingkungan Karachi Kamp Old Haji," kata satu pernyataan polisi.

Sumber-sumber keamanan setempat mengkonfirmasi penangkapan itu dan seorang pejabat intelijen mengatakan kepada AFP bahwa pria tersebut telah bersumpah setia kepada pemimpin sayap Al-Qaida, militan Pakistan Asim Umar.

"Mereka yang ditangkap termasuk Shahid Usma, kepala cabang Al Qaida Karachi Asia Selatan," kata pejabat keamanan lain kepada AFP.

Karachi, kota metropolis berpenduduk sekitar 18 juta orang, penuh dengan kekerasan politik, etnis, sektarian dan pidana.

Polisi mengatakan lima orang yang ditangkap "beroperasi di jaringan Al-Qaida di kota" dan berada di balik beberapa "aksi terorisme".

 

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement