Ahad 14 Dec 2014 01:29 WIB

Putra Mahkota Thailand Ceraikan Istri

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Putra mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn dan mantan istri
Foto: standard.co.uk
Putra mahkota Thailand, Maha Vajiralongkorn dan mantan istri

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Putra Mahkota Thailand Maha Vajiralongkorn menceraikan istrinya selama 13  tahun Putri Srirasmi. Dalam pernyataan istana yang dipublikasikan oleh Royal Gazette, Sabtu (13/12), Putri Srirasmi telah melepaskan status kerajaannya.

 

"Raja telah mengizinkan untuk mengumumkan Putri Srirasmi, istri dari Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, dalam pernyataan tertulis telah mundur dari status kerajaannya," ujar istana menyiratkan pernikahan keduanya telah berakhir.

 

Dikutip dari AFP, pengamat mengatakan perpisahan putra mahkota berusia 62 tahun tersebut semakin membuat suram masa depan monarki Thailand. Raja Bhumibol Adulyadej (87 tahun) kini telah memasuki masa-masa akhir kedudukannya.

 

Srirasmi menikah dengan putra mahkota pada 2001. Dia diharapkan menjadi ratu. Pasangan ini memiliki seorang anak laki-laki sembilan tahun yang diperkirakan akan menjadi pewaris Pangeran Vajiralongkorn.

 

"Pengumuman ini makin menambah suasan ketidakpastian dan kegelisahan di antara rakyat Thailand terhadap masa depan kerajaan. Bukan hanya bagi generasi saat ini, tapi juga generasi mendatang," kata pengamat Thailand dari Kyoto University  Pavin Chachavalpongpun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement