Ahad 14 Dec 2014 11:07 WIB

Saudara Osama Bin Laden Akan Bangun Gedung Tertinggi di Afrika

Peta Benua Afrika.
Foto: Libweb5.princeton.edu/ca
Peta Benua Afrika.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Middle East Development LLC yang dimiliki oleh pengusaha Arab Saudi Sheikh Tarek bin Laden, berencana akan membangun gedung pencakar langit tertinggi di Afrika, menurut laporan AFP.

Sheikh Tarek bin Laden adalah saudara tiri almarhum Osama bin Laden. Ia berencana membuat gedung pencakar langit di kota terbesar Maroko, Casablanca. Tingginya diperkirakan akan mencapai akan setinggi 540 meter atau dua kali lipat gedung tertinggi Afrika saat ini yakni pusat perbelanjaan tertinggi, Carlton Pusat di Johannesburg. 

Gedung tersebut nantinya secara simbolis akan dipilih untuk mewakili negara-negara Afrika yang berdaulat.

"Ketinggian menara adalah 540 meter untuk mengingatkan kita bahwa Afrika memiliki 54 negara. Semua orang di Afrika akan merasa menjadi bagian dari menara itu," menurut situs resmi proyek tersebut.

Rencananya, konstruksi ini dimulai Juni, kata AFP mengutip manajer proyek itu.

"Ini akan menjadi menara tertinggi Afrika," kata manajer proyek Amede Santalo kepada kantor berita itu.

"Kami memilih Maroko karena merupakan pintu gerbang ke Afrika dan Eropa, negara modern dan politik yang stabil," katanya.

Pencakar langit ini akan memiliki 114 lantai, jumlah (bab) dalam Al Quran, dan fasad akan ditutupi dengan pola yang mewakili 1.000 bahasa di Afrika.

Gedung pencakar langit ini diberi nama "Al-Noor Tower" (Menara Cahaya), namun diharapkan pada akhirnya diberi nama setelah selesai oleh Maroko Raja Mohamed VI. Perkiraan biaya proyek ini adalah sekitar satu miliar dolar AS.

Proyek yang akan mencakup sebuah hotel berbintang tujuh, pusat bisnis dan pusat perbelanjaan, diharapkan akan selesai pada Juni 2018.

sumber : antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement