Rabu 17 Dec 2014 08:38 WIB

Sekjen PBB Kecam Penyerangan Sekolah di Peshawar

Sekjen PBB Ban Ki Moon
Foto: AP
Sekjen PBB Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK--Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk serangan terhadap satu sekolah di Peshawar, Pakistan yang menewaskan 141 orang, termasuk di antaranya 132 siswa.

"Tak ada alasan yang dapat membenarkan kebrutalan semacam itu. Itu adalah perbuatan mengerikan dan pengecut untuk menyerang anak kecil yang tak bisa mempertahankan diri saat mereka belajar," kata Ban di awal pertemuan Dewan Keamanan PBB yang dikutip Xinhua, Selasa (16/12).

Kelompok Taliban sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Selasa pagi tersebut. Saat itu, beberapa pria bersenjata yang mengenakan seragam militer menyerbu sekolah yang dikelola militer di pusat Kota Peshawar dan terlibat baku-tembak dengan pasukan keamanan.

Sekitar 245 orang cedera dalam serangan tersebut dan sejumlah siswa serta staf sekolah disandera oleh para gerilyawan.

"Sekolah harus menjadi tempat yang belajar aman dan terjamin. Memperoleh pendidikan adalah hak setiap anak. Pergi ke sekolah tak memerlukan keberanian," katanya.

Ia juga menyampaikan dukungan terhadap pemerintah Pakistan agar mereka melawan pelaku teror dan fanatisme, dan mendesak pemerintah Pakistan agar melancarkan setiap upaya untuk menyeret para pelakunya ke pengadilan.

"Hati masyarakat seluruh dunia bersama orang tua dan keluarga yang telah kehilangan orang yang mereka cintai dalam serangan mengerikan itu," kata Ban.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement