Kamis 18 Dec 2014 12:46 WIB

Ingin Hirup Udara Segara, Pria Ini Buka Pintu Darurat Pesawat

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Esthi Maharani
Pesawat terbang
Pesawat terbang

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Ada-ada saja kelakuan penumpang pria asal Cina. Ia tiba-tiba membuka pintu keluar darurat saat pesawatnya akan lepas landas. 

Apa alasannya? Media lokal Cina menyebut dia hanya ingin mendapatkan udara segar. Staf pesawat mengatakan pria yang tidak disebutkan namanya itu tidak menyadari perbuatannya berbahaya.

Insiden yang terjadi Ahad pekan lalu tersebut sepertinya hanya sebuah kepolosan seseorang yang baru pertama kali naik pesawat. Peristiwa terjadi dalam penerbangan Xiamen Air tujuan Hangzhou ke Chengdu.

Sejumlah penumpang mengabadikan momen tersebut dengan telepon genggam mereka dan mempostingnya ke media sosial. Petugas perawatan berhasil memasang pintu dan pesawat bisa tinggal landas tepat waktu.

"Ini pertama kalinya dia naik pesawat. Tindakannya tidak menyebabkan delay atau kerugian langsung terhadap maskapai," kata seorang pegawai maskapai kepada surat kabar //Southern Metropolis Daily//, dikutip dari //The Guardian//, Kamis (18/12). 

Beberapa hari sebelumnya, seorang penumpang dari penerbangan lokal membuka pintu darurat sesaat setelah pesawat mendarat sehingga menurunkan parasut. Dia melakukannya karena harus buru-buru turun.

Perilaku penumpang pesawat yang membahayakan penerbangan, terutama mereka yang bepergian ke luar negeri, menjadi perhatian tersendiri. Perilaku mereka tersebut mau tidak mau berdampak pada citra Cina.

Pekan lalu, sebuah penerbangan AirAsia dari Bangkok ke Nanjing terpaksa harus kembali ke Thailand setelah penumpang dari Cina yang marah menyiramkan air panas ke pramugari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement