Selasa 23 Dec 2014 20:19 WIB

Poroshenko Gelar Pembicaraan Damai dengan Separatis

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Winda Destiana Putri
Petro Poroshenko
Foto: AP
Petro Poroshenko

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina Petro Poroshenko akan menggelar pembicaraan damai dengan kelompok separatis pekan ini.

Pembicaraan akan dilakukan di ibukota Belarusia, Minsk pada Rabu dan Jumat. Rencana tersebut diumumkan setelah Poroshenko berbicara di telepon dengan rekannya dari Rusia, Perancis dan Jerman.

"Kepala negara setuju pertemuan trilateral selanjutnya akan dilaksanakan di Minsk pekan ini," ujar pernyataan di situs kepresidenan, dikutip dari AFP, Selasa (23/12).

Pembicaraan dimaksudkan untuk menegakkan perjanjian damai yang renggang yang dicapai pada perundingan di Minsk pada September lalu. Pertemuan akan melibatkan utusan dari Ukraina, Rusia dan badan keamanan pan-Eropa OSCE.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berada di Kiev, Ahad pekan lalu untuk membantu proses perdamaian kembali di jalur yang seharusnya.

Dalam pembicaraan telepon dengan Poroshenko, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan para pemimpin mendesak adanya kemajuan konkrit dalam upaya damai. Mereka juga meminta gencatan senjata dihormati secara penuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement