Jumat 02 Jan 2015 01:34 WIB

Sebuah Roket Sasar Puluhan Tamu Pernikahan di Afghanistan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mansyur Faqih
Pasukan Taliban
Foto: VOA
Pasukan Taliban

REPUBLIKA.CO.ID, HELMAND -- Sebuah roket menyasar sebuah rumah dan menewaskan 26 tamu undangan pernikahan di Helmand, Afghanistan. Roket ditembakan saat pertempuran antara pasukan Afghanistan dengan kelompok Taliban pecah pada Rabu dini hari.

Dilansir dari Aljazeera, menurut pejabat setempat, sebagian besar korban merupakan wanita dan anak-anak. Helmand merupakan basis wilayah Taliban tempat pasukan Inggris dan AS turut terlibat dalam pertempuran sengit hingga pasukan NATO ditarik kembali.

"Roket tersebut ditembak saat pertempuran sengit antara pasukan keamanan Afghanistan dan Taliban," kata Fareed Ahmad Obaid, juru bicara kepolisian provinsi Helmand. 

Menurutnya, saat itu para korban tengah menghadiri acara pernikahan. Sementara itu, Karem Atal, kepala dewan provinsi Helmand, juga membenarkan peristiwa ini.

Ia mengatakan, jumlah korban dapat bertambah lantaran banyaknya korban tamu undangan yang dilarikan ke rumah sakit di Lashkar Gah, ibu kota provinsi. 

Berdasarkan data PBB, jumlah korban warga sipil tahun ini semakin meningkat akibat perang di Afghanistan, yakni sekitar 10 ribu warga tewas atau terluka.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement