Selasa 06 Jan 2015 20:59 WIB

Arkeolog Mesir Temukan Makam Ratu Firaun

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Firaun
Firaun

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Para arkeolog Mesir menemukan makam seorang Ratu di Abu Sir, bagian selatan Kairo, Senin (5/1). Pihak berwenang Mesir mengatakan hingga saat ini identitas sang Ratu belum dipastikan.

Ratu tersebut diduga adalah istri atau ibu dari Firaun Neferefre yang memerintah 4.500 tahun lalu. Pasalnya, makam ditemukan di kompleks pemakaman Firaun Neferefre.

Menteri benda-benda bersejarah Mesir, Mamdouh el Damaty mengatakan nama ratu adalah Khentakawess karena tertulis di dinding perkuburan. Sehingga, ratu tersebut akan menjadi Khentakawess III.

Kepala misi dari Institute Egyptologi Czech yang membuat penemuan, Miroslav Barta mengatakan lokasi makam membuat mereka yakin bahwa ia adalah istri Firaun. Para arkeolog ini juga menemukan sekitar 30 peralatan yang terbuat dari batu kapur dan tembaga.

''Penemuan-penemuan ini akan membantu kita menyibak tabir dinasti kelima yang menyaksikan konstruksi pertama piramida,'' kata el Damanty seperti dilansir BBC. Abu Sir diketahui merupakan wilayah pemakaman Kerajaan Lama untuk ibukota kuno Mesir di Memphis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement