Jumat 09 Jan 2015 11:14 WIB

Empat Ulama Uganda Hilang

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Esthi Maharani
Muslim Uganda
Foto: scarlettlion.com
Muslim Uganda

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPALA -- Sebanyak empat ulama Muslim Uganda menghilang di ibukota Kampala setelah dijemput oleh sejumlah pria tidak dikenal. 

Kepala Muslim Tabliq di Uganda Sheikh Muhammad Younus Kamoga mengatakan kepada //BBC//, Kamis (8/1), mereka diculik dari rumahnya atau tempat kerja. Para ulama itu adalah Yusuf Kakande, Siraj Kawooya , Twaha Ssekitto dan Abdul Salam Sekayengo.

Kamoga mengatakan keempat ulama dan seorang istri di antara mereka dijemput pada Rabu antara pukul 17.00 dan 18.00 waktu setempat. Keluarga dan teman tidak bisa menghubungi dan tidak mengetahui keberadaan mereka sejak saat itu.

Belum jelas apa alasan penculikan tersebut. Kamoga mendesak pemerintah menyelidiki pembunuhan para ulama. 

Dia mengatakan pembunuhan itu bukanlah yang pertama. Sebelumnya ulama Tabliq terkemuka Abdul Karim Ssentamu ditembak mati pada 2012. 

Polisi belum menyelidiki kasus tersebut karena belum ada laporan resmi kehilangan. Belum diketahui apakah menghilangnya keempat ulama tersebut terkait penembakan dua ulama Desember lalu.

Pemimpin Syiah Abdu Kadir Muwaya ditembak di Uganda timur oleh orang yang mengendarai motor pada 25 Desember. Pemimpin Tabliq yang juga mantan polisi Sheikh Mustafa Bahiga ditembak di mobilnya pada 28 Desember di Kampala.

Polisi mengatakan pihak yang bertanggung jawab adalah sisa- sisa dari kelompok oposisi Pasukan Sekutu Demokratis (ADF) yang berbasis di Kongo. ADF dipimpin oleh Jamil Mukulu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement