Ahad 11 Jan 2015 20:01 WIB

Tasmanian Devil Dinominasikan Sebagai Simbol Resmi Negara Bagian Tasmania

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, TASMANIA -- Warga Tasmania dimintai pendapat mengenai usulan apakah hewan yang terancam punah,  Tasmanian Devil layak dijadikan simbol dari negara bagian mereka. Terlebih Tasmania merupakan satu-satunya negara bagian di Australia yang tidak memiliki simbol hewan resmi.

Pemerintah Tasmania membuka jajak pendapat publik mengenai apakan Tasmanian Devil harus menerima penghormatan. Hewan yang terancam punah ini banyak menderita penyakit tumor wajah, dan Menteri Lingkungan Hidup Matthew Groom mengatakan dia yakin pengakuan resmi ini bisa membantu menarik pendanaan dan sumber daya untuk memerangi penyakit tumor wajah.
 
Groom mengantisipasi dukungan masyarakat untuk usulan tersebut.  "Saya pikir banyak warga Tasmania yang sudah menganggap Tasmanian Devil sebagai hewan simbol negara bagian, tapi kami ingin meresmikan anggapan itu," katanya baru-baru ini.
 
"Bagi banyak orang di berbagai bagian dunia Tasmanian Devil merupakan ikon yang mewakili Tasmania karena banyak alasan, dan karenanya itu bisa memberikan kita peluang untuk mempromosikan Tasmania ke berbagai bagian dunia melalui Devil sebagai lambang negara bagian kita," katanya.
 
Konsultasi publik ini terbuka selama 6 pekan sebelum pemerintah mengambil keputusan.
 
Sebuah pusat penangkaran baru untuk Tasmanian Devil di Pantai Coles di pesisir Timur Tasmania akan digunakan untuk memelihara devil yang lahir dari hewan lain yang dibesarkan di program isolasi untuk memastikan populasi hewan ini bebas dari penyakit tumor wajah.
 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement