Selasa 13 Jan 2015 10:51 WIB

Erdogan: Turki Dukung Negara Palestina Merdeka

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.
Foto: AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki akan terus mendukung rakyat Palestina untuk bisa mendirikan negara merdeka.

"Keinginan terbesar Turki ialah menyaksikan negara Palestina merdeka dengan perbatasan sebelum 1967 dan Jerusalem sebagai ibu kotanya. Turki akan terus mendukung rakyat Palestina untuk mewujudkan sasaran ini," kata Erdogan dalam satu taklimat bersama dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang sedang berkunjung, di Ibu Kota Turki, Ankara pada Senin (12/1), setelah pembicaraan resmi mereka.

Dengan mengutip tindakan di beberapa parlemen dan pemerintah di Eropa untuk mengakui Negara Palestina, Presiden Turki tersebut berkata, "Israel mesti menerjemahkan pesan masyarakat internasional secara benar."

Dua juga menekankan pentingnya persatuan di kalangan faksi Palestina, Erdogan menambahkan Turki siap melancarkan segala upaya untuk memberi sumbangan bagi perujukan HAMAS dengan Fatah. Pada gilirannya, Abbas menyambut baik upaya Turki bagi kebaikan rakyat Palestina yang dilakukan secara bilateral dan di kancah internasional.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement