Selasa 13 Jan 2015 13:00 WIB

Fosil Reptil Mirip Lumba-Lumba Ditemukan di Skotlandia

Dearcmhara shawcrossi.
Foto: Todd Marshal/Live Science
Dearcmhara shawcrossi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Peneliti dari Skotlandia mengumumkan temuan fosil mirip reptil laut, yang mirip lumba-lumba, di Isle of Skye, Skotlandia. Reptil bernama Dearcmhara shawcrossi itu diperkirakan hidup sekitar 170 juta tahun yang lalu dengan panjang sekitar 4,3 meter.

Seperti dikutip dari Reuters, Dearcmhara shawcrossi tergolong grup ichthyosaurus yang merupakan reptil laut dominan pada masa dinosaurus. Ia hidup di laut yang dangkal dan hangat di zaman Jura.

Fosil makhluk pemakan ikan dan cumi-cumi itu ditemukan dalam kondisi utuh.  Berdasarkan bentuk tulang sirip depan, Dearcmhara diperkirakan dapat berenang dengan cepat.

"Asalnya dari Skotlandia dan merupakan reptil laut pertama yang pernah ditemukan dan diteliti di sana," kata paleontolog University of Edinburgh Steve Brusatte.

Pecinta fosil Brian Shawcross menemukannya di pantai utara Isle of Skye pada tahun 1959. Ia memberikannya ke museum pada tahun 90-an.

Neil Clark, paleontolog dari Hunterian Museum University of Glasgow, menerima fosil tersebut. Ia berterima kasih Shawcross mendonasikan hasil temuannya.

Menurut Brusatte, temuan ini memberi titik terang pada persebaran reptil laut zaman Jura. Skotlandia adalah salah satu dari sedikit tempat yang memiliki fosil dari zaman itu.

Fosil lainnya mengindikasikan Dearcmhara hidup bersama reptil laut lainnya, plesiosaurus yang berleher panjang dan memiliki sirip seperti dayung. Nessie sering digambarkan sebagai plesiosaurus.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement