Kamis 15 Jan 2015 21:35 WIB

Irak Ragu AS Mampu Kalahkan ISIS

Rep: c84/ Red: Karta Raharja Ucu
Pemerintah Irak mengajukan permohonan agar Australia membantu mereka menumpas militan ISIS.
Foto: abc news
Pemerintah Irak mengajukan permohonan agar Australia membantu mereka menumpas militan ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Pemerintah Irak meragukan kemampuan Amerika Serikat dan sekutunya untuk mengalahkan ISIS. Ketua Parlemen Irak Selim al-Jabouri mengatakan kepada pensiunan marinir AS Jenderal Purn John Allen, jika negaranya seperti berjuang sendiri karena AS dan sekutunya tidak banyak membantu.

Allen berada di Baghdad pekan ini untuk berbicara dengan Perdana Menteri Irak, Haidar al-Abadi. Ketua Parlemen Irak Selim al-Jabouri mengatakan kepada Allen, AS dan sekutunya harus lebih serius memerangi ISIS.

"Sampai saat ini perasaan kita melihat dukungan internasional adalah tidak meyakinkan," kata Jabouri, seperti disadur dari Reuters, Rabu (14/1).

PM al-Abadi meminta AS dan sekutunya meningkatkan serangan udara kepada ISIS yang telah menguasai sebagian wilayah Irak. Tahun lalu, ISIS merebut sejumlah wilayah di barat dan utara Irak. Semua itu memicu kekhawatiran jika ISIS akan menguasai Kurdi hingga Baghdad.

Allen berseloroh jika negaranya pasti akan meningkatkan serangan ke ISIS. Ia berkata, koalisi global akan semakin kuat untuk merealisasikan komitmen bersama menumpas ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement