Kamis 15 Jan 2015 23:40 WIB

Prancis akan Kirim Kapal Induk untuk Perangi ISIS

Rep: c84/ Red: Karta Raharja Ucu
Francois Hollande
Foto: ap
Francois Hollande

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS -- Prancis akan mengirimkan kapal induk Charle de Gaulle untuk mendukung operasi militer memerangi ISIS di Irak.

"Berkat Charles de Gaulle kita akan memiliki kecerdasan yang berharga," kata Presiden Prancis, Francois Hollande seperti dilansir shafaaq.com, Kamis (15/1).

Hollande mengklaim, keberadaan kapal induk itu Prancis dapat melakukan operasi di Irak. Bahkan dengan intensitas yang lebih dan lebih efisien.

Kapal induk itu, kata dia, akan bekerja sama erat dengan pasukan koalisi. Prancis adalah negara pertama yang bergabung dengan koalisi pimpinan AS dalam serangan udara di Irak melawan ISIS. Prancis juga memiliki lebih dari 3.000 tentara yang melakukan operasi melawan militan Alqaidah di wilayah Sahel-Sahara.

Hollande menambahkan Prancis akan mengurangi jumlah tentara yang dikerahkan di Republik Afrika Tengah. Ia telah menyerahkan kontrol operasi penjaga perdamaian untuk misi PBB. Sepekan setelah serangan terhadap Charlie Hebdo, Hollande mengatakan 10.500 personil militer akan dikerahkan di seluruh Prancis untuk meningkatkan keamanan dalam negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement