Rabu 21 Jan 2015 17:54 WIB

Selfie dengan Miss Israel, Miss Lebanon Dihujat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Miss Lebanon Saly Greige (kedua dari kiri) dan Miss Israel Doron Matalon.
Foto: NYdailynews
Miss Lebanon Saly Greige (kedua dari kiri) dan Miss Israel Doron Matalon.

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Hubungan Lebanon dengan Israel tidaklah bagus. Persengketaan antara keduanya mengakar di setiap masing-masing warga negaranya. Hal itu pun berlaku dalam ajang pemilihan ratu kecantikan sejagat.

Miss Lebanon, Saly Greige dihujat habis-habisan di media sosial setelah fotonya bersama Miss Israel, Doron Matalon diunggah di Instagram. Matalon menggunggah fotonya bersama Greige dan dua kontestan lainnya, Miss Slovenia dan Miss Jepang.

Mereka tampak tersenyum lebar dan kompak. Namun ternyata foto itu tidak disukai banyak orang. ''Kau tidak menunjukkan seorang Lebanon,'' kata seorang warga Lebanon menggunakan hashtag berbahasa Arab yang berarti 'sebuah kata untuk Miss Lebanon', seperti dikutip BBC.

Hashtag tersebut telah digunakan sekitar 7.000 kali sejak foto diunggah. Hashtag bahkan menjadi Trending Topic di Twitter Lebanon. ''Jika kau menjual kehormatanmu, maka mudah menjual negaramu,'' kata seorang Lebanon lainnya.

Melihat kekacauan yang terjadi, Greige membela diri dalam akun Facebooknya. Ia menjelaskan bahwa ia sedang berfoto dengan Miss Jepang dan Miss Slovenia ketika tiba-tiba Miss Israel datang dan melakukan selfie.

Para fans Greige juga mendukung dan membelanya. Mereka membanjiri lini massa dengan pesan dukungan. ''Ini kontes kecantikan bukan perang negara, tenang saja, kami akan selalu mendukungmu dan mencintaimu,'' kata salah satu pendukung Lebanon.

Namun unggahan tersebut mengusik warga Israel. ''Bukankah seharusnya kamu mendukung kedamaian dunia? Bisakah tidak membicarakan politik?'' kata seorang pria Israel.

Tak hanya Greige, Matalon juga memberikan pernyataan dalam akun Facebooknya. ''Ini tidak mengagetkanku, tapi ini membuatku sedih. Sangat sedih Anda tidak bisa melupakan permusuhan ini, padahal ini pengalaman yang sangat luar biasa bisa bertemu para wanita cantik dari seluruh dunia,'' kata Matalon dalam bahasa Inggris dan Hebrew.

Ternyata foto ini lebih populer dibanding foto kontroversial lainnya. Dalam foto pawai melawan terorisme di Paris yang mengikutsertakan para pemimpin dunia, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Luar Negeri Lebanon tampak bersebelahan bergandengan tangan.

''Apa kalian marah pada Miss Lebanon? Bagaimana dengan Gerbran Bassil yang bersebelahan dengan Netanyahu?'' kata seorang wanita Lebanon. Ternyata Miss Lebanon lebih mendapat banyak perhatian.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement