Selasa 03 Feb 2015 09:19 WIB

Pererat Perdagangan, PM Modi Kunjungi Cina

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indah Wulandari
Indian Prime Minister Narendra Modi (file)
Foto: AP/Saurabh Das
Indian Prime Minister Narendra Modi (file)

REPUBLIKA.CO.ID,DELHI--Perdana Menteri India Narendra Modi akan berkunjung ke Cina pada bulan Mei 2015 mendatang. Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj mengumumkan Modi akan melakukan kunjungan kenegaraan selama tiga hari ke Beijing.

''Modi akan datang pada Mei, ini adalah kunjungan persiapan,'' kata Swaraj pada reporter di Beijing, dikutip BBC, Senin (2/2).

Presiden Cina Xi Jingping kabarnya akan membawa Modi ke rumahnya di Provinsi Shaanxi. Sebelumnya, Xi mengunjungi India pada September 2014 lalu. Mereka membuat 12 kesepakatan dalam pertemuan tersebut. India dan Cina merupakan kerabat kuat dalam hal perdagangan.

Perdagangan antara India dan Cina meningkat hampir 70 miliar dolar AS dalam setahun. Sebelumnya, perdagangan sempat defisit hingga lebih dari 40 miliar dolar AS pada 2001-2002.

Kunjungan Modi akan menjadi kunjungan selanjutnya pasca kunjungan Presiden Barack Obama. Menurut koresponden BBC, ini adalah pertama kalinya India dan AS secara terbuka mengatakan tidak ingin Asia didominasi satu kekuatan saja.

India dan AS memiliki ketertarikan yang sama untuk berpengaruh dalam perkembangan Cina. Selama kunjungan, Obama dan Xi menandatangani perjanjian kerjasama untuk wilayah Asia Pasifik dan Samudra Hindia.

Mereka sepakat menjaga perdamaian, kebebasan navigasi, keamanan maritim, keamanan udara terutama di Laut Cina Selatan. Sementara Modi dikabarkan akan lebih hati-hati dan menyakinkan untuk tidak mengasingkan Cina. Karena investasi Cina sangat penting untuk perkembangan ekonomi India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement