Rabu 04 Feb 2015 18:26 WIB

Pesawat TransAsia Terguling ke Sungai, 16 Tewas

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Indah Wulandari
Kecelakaan pesawat TransAsia GE 235
Foto: ibtimes
Kecelakaan pesawat TransAsia GE 235

REPUBLIKA.CO.ID,TAIPEI--Pesawat TransAsia Airways GE 235  rute penerbangan domestik Taipei-Pulau Kinmen dengan 58 penumpang terguling di sungai setelah lepas landas di Bandara Taipei Rabu (4/2).

Insiden yang menewaskan 16 orang dan menyebabkan 14 orang lainnya hilang ini sempat direkam oleh pengendara motor yang lewat di sekitar sungai dan mengunggahnya ke Twitter.

Video menunjukkan pesawat berputar-putar di atas jalan tol setelah pesawat turboprop ATR 72-600 lepas landas di tengah cuaca yang baik.

"Aku belum pernah melihat hal seperti ini. Ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata seorang relawan bermarga Chen.

Tayangan televisi menunjukkan, para korban mengenakan jaket pelampung sedang berenang melewati puing-puing pesawat. Di antaranya terlihat anak muda yang dibawa ke pinggir sungai oleh tim penolong.

Reuters melansir, pesawat kehilangan keseimbangan setelah melewati sebuah gedung apartemen. Rekaman menunjukkan, sebuah mobil van berhenti di jembatan yang rusak setelah sayap pesawat menabraknya dan puing pesawat berserakan di jalan.

Petugas SAR terlihat siaga di perahu karet yang berada di sekitar pesawat yang sebagian badannya tenggelam. Direktur Dinas Kebakaran Taipei Wu Chun Hong mengatakan, sebanyak 31 penumpangnya merupakan turis dari Cina.

Kepala Eksekutif TransAsia Peter Chen sempat membungkuk meminta maaf pada keluarga penumpang dan awak kapal saat konferensi pers. Perdana Menteri Cina Li Keqiang menawarkan bantuan yang diperlukan setelah kecelakaan terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement