Kamis 05 Feb 2015 16:25 WIB

Bahas Bantuan Senjata, Menlu AS Bertemu Petinggi Ukraina

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
John Kerry
Foto: AP
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry mengadakan pertemuan dengan petinggi Ukraina.

Kerry bertemu dengan Presiden Petro Poroshenko dan Perdana Menteri Arseniy Yatseniuk di Kiev, Kamis (5/2) pagi. Pertemuan mereka kabarnya akan membahas kemungkinan pengiriman bantuan berupa senjata.

Setelah pertemuan sehari, mereka akan melakukan konferensi pers bersama. Kerry kemudian akan pergi ke Munich untuk konferensi keamanan tahunan di kota selatan Jerman.

Seorang pejabat senior AS mengatakan keputusan pengiriman bantuan senjata akan ditentukan setelah kunjungan Kerry. Mereka ingin melihat kondisi, situasi dan urgensi dari pemberian bantuan tersebut. Sebelumnya AS membantu menyediakan perlengkapan militer non letal.

Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter sebelumnya telah mengindikasikan untuk cenderung mulai memasok senjata. "Kita perlu mendukung Ukraina mempertahankan dirinya sendiri," kata mantan menteri Pertahanan itu ketika ditanya Senat, dikutip BBC.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest mengatakan keputusan final akan tetap ditentukan oleh Presiden. "Presiden tertarik dengan ini, tapi ia akan mencari lebih banyak nasihat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement