Jumat 13 Feb 2015 15:15 WIB

ISIS Kuasai Irak Barat, Militer AS Terancam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ilham
Gerakan kelompok ISIS
Foto: VOA
Gerakan kelompok ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Kelompok militan ISIS menguasai sebagian besar kota Al Baghdadi di Irak Barat Kamis (12/2). Perluasan kekuasaan ini dapat mengancam pangkalan udara tempat marinir AS melatih pasukan Irak. ISIS menyerang Al Baghdadi dari dua arah sebelum masuk ke dalam kota.

Pejabat Al Baghdadi mengatakan, kelompok lain juga menyerang ke pangkalan udara yang dijaga oleh Ain al Asad. Padahal, ada sekitar 320 marinir AS yang sedang melatih angota Divisi ke-7 Irak di pangkalan itu.

Juru Bicara Pentagon, Komandan AL Elissa Smith mengatakan, telah terjadi pertempuran di Al Baghdadi. Namun, tidak ada serangan langsung menuju pangkalan udara.

Manajer Distrik, Naji Arak menegaskan, ISIS telah memasuki Al Baghdadi dan menyerang beberapa gedung pemerintahan. Dipekirakan 90 persen wilayah kota tersebut telah dikuasai. Bentrokan pun terus terjadi hingga Jumat, pagi. Korban tewas hingga saat ini belum dapat dipastikan.

Di tempat lain, lima warga sipil Irak tewas akibat bom meledak di selatan Baghdad. Sebagian besar kota disekitar Anbar juga telah dikuasai oleh ISIS.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement