Ahad 15 Feb 2015 13:53 WIB

Melepas Stres, Pencari Suaka Berkumpul di ‘Dapur Komunitas’ (1)

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID. SYDNEY -- Setiap dua pekan sekali, sekitar 200 pencari suaka berkumpul dalam acara yang disebut sebagai ‘The Community Kitchen’ atau ‘Dapur Komunitas’. Kegiatan komunitas ini menghadirkan program kuliner dan sosial, sembari menunggu izin tinggal mereka diproses.

‘Dapur Komunitas’ dirancang untuk membantu mengurangi isolasi sosial bagi para pencari suaka yang tinggal di masyarakat, dan tiap dua minggu. Koki atau sekelompok juru masak yang berbeda mengadakan kelas, menyiapkan makanan untuk semua orang dengan bantuan para asisten dapur.

Ini adalah hari sosial di mana mereka dapat belajar dari para profesional bagaimana menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi, serta berinteraksi dengan anggota masyarakat lainnya lewat permainan sepak bola, menonton film, atau bermain kartu dan catur.

Di acara ‘Dapur Komunitas’ yang dilangsungkan di barat Sydney, pengungsi etnis Hazara asal Afghanistan, Ibrahim Mohammad, memamerkan kelihaiannya sebagai salah satu juru masak.

Ibrahim mengatakan, datang ke acara ‘Dapur Komunitas’ berarti ia bisa terlibat secara sosial dalam sebuah komunitas. "Sulit untuk tinggal di sini [di Australia]. Saya hanya pergi ke perpustakaan dan kelas bahasa Inggris untuk menghabiskan waktu, saya tak punya pilihan,” tuturnya.

"Terlibat dalam hal ini sangatlah baik, lebih baik daripada duduk sendirian di rumah," sambungnya.

Pria berusia 23 tahun ini melarikan diri ke Australia dua tahun lalu, setelah hidupnya diancam oleh Taliban.

"Saya bekerja di bazaar tapi saya tak bisa pergi ke sana lagi. Selalu ada pembunuhan. Mereka membunuh orang-orang etnis kami, jadi saya pergi," ceritanya.

 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement