Ahad 15 Feb 2015 14:01 WIB

Pasukan Pemerintah Nigeria Gagalkan Serangan Boko Haram

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Damanhuri Zuhri
Aksi menentang ulah Boko Haram.
Foto: Reuters
Aksi menentang ulah Boko Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Pasukan Nigeria gagalkan serangan Boko Haram di kota Gombe, Sabtu (14/2). Sebelumnya militan berencana menyerang sambil menyebarkan selebaran yang mendesak untuk tidak memilih dalam pemilihan umum.

Kontributor BBC, Abdullah Kaura Abubakar mengatakan semua jalan di Gombe telah diblokade. Jam malam diberlakukan selama 24 jam. Pasukan tentara dan jet tempur menggagalkan serangan lanjutan pasca insiden serangan pada beberapa pusat pemeriksaan militer.

Laporan yang diterima menyebutkan Boko Haram menargetkan kota Dadin Kowa, sekitar 40 km dari Gombe. Kemudian untuk pertama kalinya militan melakukan serangan di Gombe dengan bom bunuh diri.

Sebelumnya pada Jumat, Boko Haram menyerang Chad, juga untuk pertama kalinya. Sumber keamanan dan saksi mengatakan sedikitnya lima orang tewas termasuk komandan lokal dan seorang polisi. Sementara sisanya warga sipil.

Militer Chad mengatakan dua orang militan juga tewas. Menurut penduduk desa, jumlah militan yang melakukan penyerangan yaitu sekitar 30 orang. Beberapa waktu lalu, komisi pemilu Nigeria memutuskan penundaan pemilu presiden karena alasan keamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement