Ahad 15 Feb 2015 15:31 WIB

Yaman Memanas, Indonesia Siap Evakuasi WNI

Rep: cr02/ Red: Angga Indrawan
Kelompok Syiah Al-Houthi yang menguasai Yaman.
Foto: Reuters
Kelompok Syiah Al-Houthi yang menguasai Yaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemenlu) Arrmanatha Nasir menegaskan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Yaman sudah menuiapkan rencana mengevakuasi Warga Negara Indonesia. Menurutnya, kondisi minim keamanan di Yaman membuat pemerintah tak ingin mengambil risiko terhadap WNI.

"Kita sudah siapkan rencana, bila semakin memanas kita akan segera mengevakuasi warga Indonesia," kata Arrmanatha kepada Republika, Ahad (15/2).

Arrmanatha mengakui kondisi saat ini di Yaman memang cukup panas. Arrmanatha juga mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan KBRI di Yaman terkait perkembangan situasi di sana. Namun hingga saat ini, KBRI di Yaman mengatakan bahwa warga Indonesia dalam keadaan aman.

" Ada sekitar 2.500 warga Indonesia yang tengah belajar di Yaman, namun semua masih dalam keadaan aman karena mereka berada di luar ibu kota Sanaa," kata Arrmanatha.

Arrmanatha menambahkan, KBRI di Yaman juga telah menghubungi warga Indonesia yang hampir seluruhnya sedang bersekolah di sana. KBRI mengatakan para mahasiswa belum ingin dievakuasi dari Yaman.  "Mereka memilih untuk tetap melanjutkan studi, tapi kita sudah mempersiapkan evakuasi bila nantinya mereka menginginkannya," ujar Arrmanatha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement