Kamis 19 Feb 2015 09:56 WIB

Foto Pimpinan ISIS di Kamp Deradikalisasi AS Beredar Luas

Rep: C05/ Red: Indah Wulandari
Foto yang diduga Abu Bakar al-Baghdadi
Foto: CBSNEws
Foto yang diduga Abu Bakar al-Baghdadi

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Foto yang diduga pemimpin Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi saat berada di penjara militer AS di Irak pada tahun 2004 beredar luas.

Dalam foto tersebut, digambarkan pria tersebut diproses di Kamp Bucca pada awal tahun 2004. Ia tampak mengenakan baju terusan penjara berwarna kuning yang sama dipakai oleh tahanan lain disana.

Penyelidikan CBSNews sebelumnya mengungkapkan bahwa Baghdadi adalah salah satu dia antara 12 pemimpin utama ISIS. Baghdadi menghabiskan 10 bulan di penjara, dari bulan Februari sampai Desember 2004.

Baghdadi ditangkap karena AS percaya melepaskan dia bisa membahayakan operasi militer lainnya. AS sengaja merancang Kamp Bucca sebagai penjara yang menggelontor paham radikalisme dari kepala orang-orang yang diduga terlibat ISIS.

Namun, sumber CBSNews yang bekerja disana menginformasikan bahwa upaya tersebut gagal. Al-Baghdadi sendiri nampak di depan publik dan mengumumkan dirinya sebagai khalifah pada Juni 2004 lalu di sebuah masjid di Mosul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement