Ahad 22 Feb 2015 07:54 WIB

ISIS Serbu dan Hancurkan Gereja di Irak

Rep: C14/ Red: Citra Listya Rini
Gerakan kelompok ISIS
Foto: VOA
Gerakan kelompok ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, MOSUL -- Sebuah laporan pada Sabtu (21/2) menyebutkan kelompok militan ISIS menyerbu dan menghancurkan Gereja Miriami Ezra, yang berlokasi di kantong wilayah etnis Arab, Mosul, Irak.

Lebih lanjut dikabarkan, sejak Kota Mosul dikuasai ISIS pada Juni lalu, kelompok militan tersebut kerap menjadikan banyak gereja sebagai penjara. Demikian dilansir dari NRT TV. 

Adapun Gereja Miriami Ezra hancur hingga hampir rata oleh tanah. Sebuah sumber mengatakan, ISIS dengan sengaja mengebom gereja itu. 

Beberapa hari sebelumnya, ISIS juga memaksakan ultimatum kepada seluruh penduduk Mosul. Mereka yang beragama Kristen diharuskan berpindah ke agama Islam dan membayar pajak. Umat Kristen itu juga diancam dengan pilihan, hengkang dari kota Mosul atau siap-siap merasakan eksekusi mati. 

"Hingga kini ada lebih dari 2,6 juta orang yang terjebak sebagai pengungsi akibat ISIS. Di antaranya, mayoritas orang Kristen Mosul," kata Deputi Kementerian Migrasi Irak, Asghar al Mosawi seperti dilansir NRT TV.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement