Ahad 22 Feb 2015 07:19 WIB

ISIS Ledakkan Masjid Bersejarah di Irak

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gerakan ISIS
Foto: VOA
Gerakan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, TEHRAN -- Kelompok militan ISIS diberitakan menghancurkan masjid bersejarah di Provinsi Al-Anbar, Irak. Masjid bernama Al-Faruq yang hancur oleh bom tersebut merupakan masjid tertua di Al-Anbar.

Petugas keamanan di Provinsi Al-Anbar menyatakan Masjid Al-Faruq terletak di kota Al-Baghdadi. Masjid tersebut berjarak sekitar 90 km di sebelah barat Ramadi, ibu kota Al-Anbar.

Petugas tersebut mengatakan pada Al-Sumaria News bahwa pada Jumat (20/2), militan ISIS menanamkan bahan peledak di Masjid Al-Faruq. Kemudian, militan tersebut meledakkan bangunan masjid tertua di provinsi itu.

Vestnik Kavkaza melansir bahwa untuk memaksimalkan ledakan, militan ISIS mengelilingi bangunan Masjid Al-Faruq dengan bahan peledak. Pernyataan ini diinformasikan oleh perwakilan resmi dari administrasi Provinsi Al-Anbar, Irak.

"Sebagai akibat dari ledakan tersebut, bangunan masjid menjadi rata dengan tanah," ujar perwakilan tersebut.

Masjid Al-Faruq didirikan di pertengahan pertama abad ketujuh. Semenjak saat itu, bangunan masjid beberapa kali dipugar. Baru-baru ini, pemerintah Provinsi Al-Anbar bahkan menilai masjid tersebut sebagai situs suci yang sangat dihormati oleh para Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement