Rabu 25 Feb 2015 09:16 WIB

Lantunan Alquran Siap Berkumandang di Seluruh Pelosok Finlandia

Rep: c14/ Red: Angga Indrawan
Muslim di Finlandia.
Foto: Todayszaman.com
Muslim di Finlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Mulai 7 Maret 2015, umat Islam Finlandia bisa mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran melalui sebuah siaran radio. Ini sebagai respons damai dari sejumlah tokoh Finlandia atas insiden yang terjadi di Denmark pada pertengahan bulan ini.

"Tujuan penyiaran ayat-ayat suci Alquran agar warga Finlandia akrab dengan budaya kaum Muslim dan khususnya pengetahuan mengenai kitab suci Islam tersebut," Demikian dilansir Sputnik News, Selasa (24/2).

Adalah Stasiun Radio Yle, yang menyiarkan lantunan ayat-ayat Alquran. Pembacaan Alquran dilakukan secara bertahap hingga khatam. Itu dilakukan dengan siaran sebanyak 60 kali sejak 7 Maret mendatang. Masing-masing siaran akan berdurasi 30 menit.

Siaran ini akan diselingi pula oleh sesi diskusi yang mengundang pemimpin komunitas Muslim Finlandia, Imam Anas Hajjar. Selain itu, turut hadir guru besar bahasa Arab dari Finlandia, Profesor Jaakko Hameen-Anttila. Dialah yang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Finlandia.

“Saya sangat gembira, hasil terjemahan saya (atas Alquran) disiarkan. Menurut saya, penting sekali bagi kita membaca Alquran secara utuh, tidak separuh-separuh untuk menilai agama Islam,” kata Profesor Jaakko Hameen-Anttila.

Imam Anas juga menyatakan apresiasinya. “Program siaran ini merupakan upaya penting dari budaya kita (bangsa Finlandia) memahami budaya lain. Ini juga upaya untuk memahami Alquran dan maknanya,” kata Imam Anas Hajjar kepada //Sputnik News//, Selasa (24/2).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement