Kamis 26 Feb 2015 17:34 WIB

Brisbane Menawarkan Diri Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2028

Rep: AAP/ Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, BRISBANE -- Wali Kota Brisbane, Graham Quirk mengharapkan ibu kota negara bagian Queensland, Australia, ini menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2028.

Quirk mengumumkan hari Kamis (26/2) bahwa dia akan mendiskusikan kemungkinan pencalonan diri Brisbane menjadi tuan rumah Olimpiade dalam pertemuan Dewan Walikota 6 Maret mendatang.

Dia mengatakan Brisbane sudah sukses menjadi tuan rumah G-20, dan karenanya pantas untuk menjadi kota di Australia berikutnya yang menjadi tuan rumah Olimpiade.

Sebelumnya sudah ada 2 kota di Australia yang menjadi tuan rumah Olimpiade yaitu Melbourne di tahun 1956 dan Sydney di tahun 2000.

 

"Kita semakin matang sebagai sebuah kota, itu sudah tidak diragukan lagi," kata Quirk dalam sebuah pernyataan.

"Saya kira Brisbane akan menjadi pilihan jelas bagi pencalonan tuan rumah Olimpiade berikutnya dari Australia," katanya.

Menurut Quirk, Ketua Komite Olimpiade Australia John Coates juga sudah mengatakan bahwa Brisbane adalah "pilihan pasti' bila Australia mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade.

Brisbane mengajukan diri menjadi tuan rumah untuk Olimpiade 1992 namun dalam pemungutan suara berada di belakang Barcelona dan Paris.

"Sekarang menjadi tuan rumah Olimpiade 2028 merupakan target realistis kita," kata Quirk.

Olimpiade berikutnya yaitu di tahun 2016 akan dilangsungkan di Rio de Janeiro (Brasil), dan Olimpiade tahun 2020 akan dilaksanakan di Tokyo (Jepang).

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement