Selasa 03 Mar 2015 16:38 WIB

Pangeran William Bermain Bola di Cina

Rep: c65/ Red: Bilal Ramadhan
Pangeran William saat berkunjung ke Malta, menggantikan istrinya Kate Middleton yang sakit
Foto: Reuters
Pangeran William saat berkunjung ke Malta, menggantikan istrinya Kate Middleton yang sakit

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAi-- Dengan mengenakan jas biru tua, pada hari Selasa (3/3), Pangeran William melangkahkan kaki ke lapangan sepak bola di salah satu sekolah di Shanghai. Ia menghentikan bola yang menggelinding bebas, dua kali mengetuknya dengan sepatu hitam sebelum akhirnya dengan penuh percaya diri melesakkan tendangannya pada rumput sintetis.

Dalam kesempatan itu, ia mengobrol dengan siswa yang mengambil klinik sepak bola di sekolah menengah Nanyang. Ia bercerita bila dirinya merupakan pendukung salah satu tim Liga Primer yang terancam degaradasi, Aston Villa.

Salah seorang siswa SD, Li Ziu (11) langsung meluncurkan high five saat William menceritakan antusiasmenya terhadap permainan tersebut. "Saya telah bermain (sepak bola) sejak saya masih kecil," ujar dia.

Beijing pekan lalu meluncurkan inisiatif ntuk meningkatkan buruknya pertandingan sepak bola dengan membangkitkan bakat muda. Sementara liga sepak bola domestk menawarkan pemain asing dan mengontrak pelatih luar.

Saat ini, timnas Cina masih berada di posisi bawah yakni peringkat ke-82 berdasarkan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Seperti diberitakan Yahoo News, Presiden Xi Jinping merekomendasikan bahwa semua anak-anak Cina untuk mempelajari permainan tersebut.

Sebelumnya, pada Senin lalu, Pangeran William bertolak ke Cina untuk meningkatkan hubungan diplomatik dengan Beijing. Saat itu, ia bertemu dengan Presiden Xi. "Saya juga mengumpulkan info, ternyata Anda penggemar sepak bola," ujar Xi.

Sementara itu, acara bisnis terkait dengan kunjungan Willian yang bertujuan menampilkan inovasi dalam seni dan industri memberi kabar baik. Mereka dikabarkana akan membawa bantuan sebesar 150 juta poundsterling untuk perekonomian Inggris selama lima tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement