Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Australia Gagalkan Penyelundupan 480 Kilogram Kokain

Kamis 05 Mar 2015 14:11 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Karta Raharja Ucu

Kokain seludupan

Kokain seludupan

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Australia menangkap enam pria karena diduga menyelundupkan obat terlarang di Sydney, Kamis (5/3). Polisi menemukan 480 kilogram kokain dan methamphetamine yang dikirim dari Kolumbia.

Pelaku penyelundupan adalah lima orang warga Australia dan satu orang warga Spanyol-Kolombia. Mereka dibawa ke pengadilan namun menyangkal segala tuduhan. Keenam pelaku pun diancam hukuman penjara seumur hidup.

Penangkapan ini merupakan kerja sama antara polisi Australia dan Kolombia. Dalam pernyataan bersama empat badan penegakan hukum Australia, sebanyak 230 kg cairan methamphetamine seharga 122 juta dolar AS disembunyikan dalam 20 ribu botol limun di gudang Sydney.

Botol-botol tersebut dikirimkan dalam kontainer ke Sydney. Selain itu, polisi menemukan 253 kg kokain disembunyikan dalam kotak-kotak bunga pada Januari dan Februari. Obat terlarang diduga berasal dari sindikat yang sama.

Operasi penyelindikan penyelundupan dimulai Mei tahun lalu sejak polisi Kolombia menginformasikan bahwa tersangka penjual narkoba telah tiba di Australia. Januari lalu, polisi Kolombia menemukan 243 kg kokain di Bogota yang berasal dari sindikat serupa.

Obat terlarang tersebut tadinya akan dikirim untuk Eropa. Kokain disembunyikan dalam kotak-kotak bunga. Minggu lalu, polisi Kolombia mengatakan dua ton bunga yang dikirim ke Sydney berisi 10 kg kokain seharga 3,6 juta dolar Australia.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA