Jumat 06 Mar 2015 07:35 WIB

Astronom Menemukan Bintang 'Kabur' dari Galaksinya

Rep: C25/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
  Hasil simulasi komputer tentang pembentukan galaksi-galaksi kerdil di sekitar Bima Sakti.
Foto: antara
Hasil simulasi komputer tentang pembentukan galaksi-galaksi kerdil di sekitar Bima Sakti.

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE CANAVERAL -- Para astronom menemukan sebuah bintang yang meluncur dalam galaksi lebih cepat dari yang lain. Para peneliti pada hari Kamis, (5/3) mengatakan sisanya telah dihempaskan oleh ledakan bintangnya.

Bintang yang dikenal sebagai US 708, bergerak di kecepatan 746 mil (1.200 km) per detik. Astronom Stephan Geier dari European Southern Observatory, Jerman, yang mengoperasikan tiga teleskop di Cile menyatakan kecepatan itu bisa mendorong bintang hingga meninggalkan galaksi Bima Sakti dalam 25 juta tahun ke depan.

"Pada kecepatan yang sama Anda bisa melakukan perjalanan dari Bumi ke bulan dalam lima menit," kata astronom University of Hawaii Eugene Magnier. US 708 bukanlah bintang pertama yang telah ditemukan astronom bergerak cukup cepat untuk melarikan diri dari galaksi, tetapi adalah satu-satunya sejauh yang bisa dilihat bersinar dalam ledakan supernova.

Dalam sebuah artikel edisi pekan ini dari jurnal Science, para ilmuwan melaporkan 20 bintang lainnya ditemukan menjauh menuju keluar dari galaksi. Kemungkinan mendapat dorongan dari mereka yang datang terlalu dekat dengan lubang hitam supermasif yang hidup di tengah-tengah Bima Sakti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement