Sabtu 07 Mar 2015 15:45 WIB

Sumpit Bersarang di Otak Bayi Selama 10 Hari

Rep: c26/ Red: Ani Nursalikah
Air liur bayi (Ilustrasi)
Foto: Telegraph
Air liur bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sumpit sepanjang enam sentimeter ditemukan bersarang di kepala seorang anak berusia satu tahun bernama Hanghang di Chaoyang, Cina. Dokter yang memeriksa Hanghang langsung mengambil tindakan operasi untuk mengeluarkan sumpit yang ternyata sudah bersarang di kepalanya selama 10 hari.

Kejadian tersebut bermula ketika Hanghang sedang makan Chow Mein atau sejenis mie goreng bersama ayah dan ibunya. Tiba-tiba bocah malang tersebut tersandung dan jatuh sehingga sumpit yang digunakan menusuk bagian hidungnya.

Seketika orangtua Hanghang langsung menarik sumpit tersebut dan membawanya ke rumah sakit untuk mengobati lukanya.

"Ketika kami sampai dirumah, kami langsung membuang semua sumpit agar hal tersebut tidak terjadi lagi," ujar Yu Liao, ibu sang bayi seperti dikutip dari Mirror, Sabtu (7/3).

Namun, baik dokter maupun orangtua Hanghang tidak menyadari kalau ternyata sumpit tersebut masih meninggalkan sisa di bagian otaknya. Setelah kejadian itu Hanghang mulai sering muntah sehingga orangtuanya kembali membawanya ke rumah sakit.

Mereka sangat terkejut melihat sisa sumpit sepanjang enam sentimeter masih berada di otak bayi malang itu. Dokter Li Shaovi yang menangani bersyukur kejadian tersebut tidak berpengaruh banyak pada kondisi Hanghang.

Gerakan tubuhnya dan kemampuannya masih berfungsi normal. Hal itu karena sumpitnya berada di area non-fungsional otak.

Hanghang masih dirawat intensif. Pascaoperasi awalnya kondisinya membaik. Namun, saat ini terjadi infeksi pada otaknya sehingga membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement