Senin 09 Mar 2015 03:25 WIB

Tentara Niger dan Chad Serang Boko Haram

Konflik yang melibatkan Boko Haram (ilustrasi)
Foto: REUTERS/AFOLABI SOTUNDE
Konflik yang melibatkan Boko Haram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NIAMEY -- Tentara-tentara Niger dan Chad melancarkan serangan darat dan udara terhadap kelompok Boko Haram di Nigeria timur laut, menurut seorang sumber di pemerintahan Niger.

"Serangan terhadap Boko Haram sedang berlangsung," kata sumber tersebut, Ahad (8/3).

Operasi tersebut dilangsungkan setelah Uni Afrika pada Jumat mengesahkan pembentukan pasukan kawasan yang berkekuatan hingga 10 ribu personel untuk bergabung dalam pertempuran menghadapi Boko Haram.

Kelompok itu, Sabtu, menyatakan kesetiaan kepada kelompok Negara Islam. Pasukan kawasan tersebut akan berpusat di ibu kota negara Chad, N'Djamena, kata kelompok negara-negara di Afrika itu dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ide pembentukan pasukan itu sendiri disahkan dalam pertemuan puncak Uni Afrika pada Januari. Pasukan diberi mandat untuk mencegah penyebaran gerakan Boko Haram serta kelompok-kelompk teroris lainnya

"serta memusnahkan keberadaan mereka," demikian kesepakatan yang muncul dalam pertemuan awal pekan ini.

Para diplomat mengatakan bahwa Chad, Nigeria, Kamerun, Niger dan Benin telah menyatakan kesediaan untuk menyiapkan pasukan, yang akan beroperasi di daerah yang belum ditentukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement