Selasa 10 Mar 2015 11:15 WIB

AS Kirim 3.000 Pasukan Saingi Rusia

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Pasukan AS dan Koalisi NATO di Afghanistan (Illustrasi)
Pasukan AS dan Koalisi NATO di Afghanistan (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat telah mengerahkan tiga ribu tentara dalam latihan tiga bulan untuk bersaing dengan Rusia, Senin (9/3).

Dilansir dari AFP, Operasi Atlantic Resolve akan melibatkan pasukan NATO bersama sekutu di Latvia, Lituania dan Estonia. Juru Bicara Pentagon Kolonel Steven Warren mengatakan kendaraan tempur, helikopter dan alat berat mulai berdatangan di Latvia.

Warren mengatakan tiga ribu tentara yang dikerahkan merupakan bagian dari Brigade Combat Team. Militer AS mengatakan peralatan militer tidak akan dibawa ke pangkalan setelah Divisi Infanteri Ketiga kembali.

Jenderal AS John O'Connor mengatakan demonstrasi militer itu untuk memperlihatkan pada Presiden Rusia Vladimir Putin. Untuk mencegah agresi Rusia, tank Abrams dan kendaraan tempur Bradey serta peralatan pendukung akan disimpan di Riga, Latvia.

Tiga negara Baltik, yakni Estonia, Latvia dan Lituania telah menjadi anggota NATO dan Uni Eropa sejak 2004. Tetapi sejak aneksasi Krimea oleh Rusia tahun lalu negara ini rentan dan selalu dalam keadaan waspada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement