Kamis 12 Mar 2015 07:21 WIB

CIA: Tak Heran Jika Besok Ada Pesawat Menyerang AS

Red: Ilham
Al Qaeda Yaman (Ilustrasi)
Al Qaeda Yaman (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Direktur CIA,  Michael Morell yang berbicara pada konferensi terorisme New York meragukan bisa melihat runtuhnya Al-Qaeda dan gerakan lain di bawahnya.

"Ini adalah jangka panjang. Generasi anak-anak saya, cucu-cucu saya nanti masih akan berjuang dalam pertarungan ini," katanya seperti dilansir The Washington Post.

Pada konferensi itu, Morell juga mengatakan untuk sementara ini memang tidak ada kelompok teroris yang memiliki kemampuan untuk melakukan serangan seperti 9/11. Namun, dia juga mengakui setidaknya ada tiga kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaeda yang bisa melancarkan serangan yang bisa membunuh ratusan orang sekaligus.

 

"Saya tidak akan terkejut jika salah satu dari kelompok-kelompok ini mampu menurunkan sebuah pesawat di AS besok," kata Morell. Dia menekankan bahwa kelompok teroris ini bukan bagian dari ISIS.

Tiga kelompok itu adalah Al-Qaeda di Pakistan, afiliasi kelompok Al Qaeda di Yaman, dan kelompok yang baru dibentuk di Suriah yang dikenal sebagai Khorasan Group.

Jaringan Al-Qaeda di Yaman masih dipandang sebagai afiliasi paling berbahaya. Apalagi setelah ada penggulingan pemerintah Yaman baru-baru ini. Hal ini sekaligus menandakan kontraterorisme Obama telah menurun di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement