Sabtu 14 Mar 2015 16:49 WIB

PBB: Topan Pam Bencana Paling Dahsyat di Pasifik

Rep: C08/ Red: Ani Nursalikah
Vanuatu
Foto: .
Vanuatu

REPUBLIKA.CO.ID, PORT VILA -- Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, saat menggelar konferensi pers dari Jepang, Sabtu (14/3) mengatakan meski belum terverifikasi dengan akurat, bencana akibat topan pam termasuk bencana paling dahsyat melanda kawasan pasifik.

Ia mengkhawatirkan bencana ini dapat meluas hingga ke beberapa kawasan sekitarnya.

Topan Pam memporak-porandakan sejumlah pulau yang terletak di kawasan Vanuatu Pasifik Selatan, Sabtu pagi (14/3).  Salah satu perwakilan PBB Tom Skirrow mengatakan akibat bencana ini, rumah-rumah di ibu kota Port Vila hancur.

Warga setempat menyebar mencari tempat berlindung dan bantuan. Skirrow menyebut kejadian ini juga mengakibatkan puluhan orang tewas dan luka-luka parah.

“Puluhan mungkin telah tewas dan bencana bisa menjadi salah satu yang terburuk dalam sejarah Pasifik,” ujar Tom seperti dikutip dari kantor berita BBC, Sabtu (14/3).

Untuk sementara laporan dari Badan Koordinasi Bantuan Kemanusiaan (UNOCHA) PBB, korban tewas hingga saat ini tercatat 44 jiwa.

Juru bicara Unicef ​​Alice Clements mengatakan Topan Pam menyerang kawasan Vanuatu selama 15-30 menit. Topan ini memicu angin kencang dan gelombang laut yang besar sehingga membuat kehancuran Port Vila.

Informasi dari PBB menyebutkan Vanuatu memiliki populasi 267 ribu jiwa yang tersebar di 65 pulau. Sekitar 47 ribu orang tinggal di Port Vila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement