Kamis 19 Mar 2015 04:14 WIB

Tingkat Pengangguran Korea Capai Level Tertinggi

Rep: C07/ Red: Winda Destiana Putri
Pengangguran
Pengangguran

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tingkat pengangguran di Korea Selatan mengalami kenaikan tertinggi dalam lima tahun pada Februari. Hal tersebut ditengarai banyaknya lulusan perguruan tinggi yang terus membanjiri pasar kerja.

Dilansir AFP, Kamis (19/3) menurut Badan Statistik Korea Selatan, kenaikan angka pengangguran menjadi 4,6 persen pada Februari atau naik dari 3,8 persen pada Januri dan 4,5 persen pada tahun lalu. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak Februari 2010.

Tingkat pengangguran musiman juga naik dari 3,4 persen pada Januari menjadi 3,9 persen pada Februari. Pengangguran musiman muncul saat musim wisuda.

Menurut Badan Statistik, pada bulan Februari, banyak sekali para pencari perkerjaan baru yang bermunculan. Hal tersebutlah yang mendorong tingkat pengangguran lebih tinggi.

Tingkat pengangguran di antara mereka yang berusia 25 sampai 29 mencapai 9,1 persen pada Februari, turun dari 9,2 persen pada Januari, tetapi jauh lebih tinggi dari tingkat pengangguran keseluruhan 4,6 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement