Kamis 19 Mar 2015 11:01 WIB

Drone AS Tewaskan Pemimpin Al-Shabab Somalia

Rep: Gita Amanda/ Red: Indah Wulandari
Kekerasan melanda Somalia (ilustrasi)
Foto: Reuters/Feisal Omar
Kekerasan melanda Somalia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PENTAGON -- Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa telah membunuh seorang pemimpin kelompok al-Shabab Adan Garar. Garar tewas dalam serangan drone di selatan Somalia pada Jumat (13/3) lalu.

BBC News melaporkan, Pentagon mengklaim militan ditembak oleh pesawat tak berawak yang dilengkapi rudal Hellfire di Somalia selatan. Garar merupakan tersangka dalam serangan Westgate Mall di Nairobi yang menewaskan 67 orang pada 2013.

AS meyakini Garar mengawasi operasi yang menargetkan orang Amerika Serikat dan kepentingan Barat lainnya. Menurut Pentagon, Rabu (18/3), ia memegang peran kunci dalam mengkoordinasikan operasi eksternal al-Shabab.

Serangan drone berlangsung di sekitar 240 kilometer sebelah barat Mogadishu, dekat kota Dinsoor. Menurut Departemen Pertahanan AS, kematian Garar merupakan pukulan signifikan pada organisasi teroris al-Shabab di Somalia.

Beberapa jam sebelum Pentagon mengkonfirmasikan berita tersebut, kembali terjadi serangan oleh al-Shabab di timur laut Kenya. Serangan tersebut menewaskan empat orang.

Militan bersumpah akan menghukum Kenya atas perannya dalam serangan udara AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement