Sabtu 21 Mar 2015 18:30 WIB

Kota-Kota Tanpa Manusia (1)

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Indah Wulandari
Naypitaw, Myanmar
Foto: nationsonline
Naypitaw, Myanmar

REPUBLIKA.CO.ID,Ada beberapa kota di belahan bumi ini dipenuhi gedung-gedung tinggi, museum dan jalanan panjang, namun ternyata tidak berpenghuni. Seperti tempat-tempat berikut ini:

-Mal Cina Selatan di Donguan, Cina

Mal Cina Selatan dibuka pada 2005 dan disebut-sebut sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan termewah di dunia. Luasnya 659.612 meter persegi dan diharapkan akan dikunjungi 100 ribu orang per hari.

Tapi, salah satu karyawan mengatakan, hanya ada 20 persen karyawan dan jumlah pengunjungnya hanya beberapa. Padahal, Dongguan dihuni 10 juta orang.

Penyebabnya, ternyata pusat perbelanjaan ini dibangun di daerah pedesaan. Beberapa orang menganggap penduduk setempat tidak cocok dengan bangunan yang terlalu megah.

-Naypitaw, Myanmar

Kota ini mulai dibangun untuk menjadi ibukota. Dulunya, Naypitaw dikenal sebagai Myanmar pada 2005. Awalnya kota ini dipimpin oleh junta militer pada tiga tahun pertama.

Kota ini menjadi tempat terselenggaranya KTT Asean pada 2014. Gedung-gedung pemerintahan, taman, lapangan golf, perumahan hingga jalanan panjang mengisi kota.

Naypitaw berarti 'kursi raja' dan menjadi kenyataan. Pemimpin yang tinggal di sini hanya Presiden Than Shwe. Menurut tokoh pemerintah, tempat ini seharusnya jadi tempat tinggal satu juta orang.

Kota ini memiliki zona militer, zona kementerian dan zona permukiman. Zona tempat tinggal ini diisi oleh apartemen-apartemen dan dibentuk berdasarkan peringkat dan status pernikahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement