Senin 23 Mar 2015 10:48 WIB

AS Latih Pasukan Irak Lawan ISIS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Pasukan AS di Irak.
Foto: AP
Pasukan AS di Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, TAJI -- Amerika Serikat melatih pasukan Irak untuk melawan kelompok ISIS, Senin (23/3). AS mengembangkan misinya di Irak untuk melakukan operasi skala besar mengambil alih kembali teritorial dari kelompok radikal itu.

Ratusan penasihat Amerika bekerja di basis kamp militer Taji di bagian utara Baghdad untuk melatih pasukan Irak. Mereka fokus pada urusan persenjataan, intergrasi dan koordinasi yang lebih baik dalam operasi darat tanpa bantuan koalisi serangan udara.

Tujuan utamanya mengajarkan divisi yang berbeda pada militer Irak tentang bagaimana mengharmonisasikan operasi dari beragam unit pertempuran. Pada November, Presiden AS Barack Obama mengizinkan penempatan 1.500 pasukan AS lebih banyak untuk membantu pasukan Irak.

Jumlah ini menambah jumlah sebelumnya jadi 3.100 pasukan. Sebanyak 12 tim penasihat telah beroperasi di Irak sejak Agustus 2014. Mereka ditempatkan dalam operasi bersama di Baghdad dan Irbil.

Militer Irak telah dibantu sekitar 20 ribu milisi Syiah untuk mengambil kembali wilayah Tikrit yang merupakan kota dominan Sunni. Jika pasukan Irak gagal memukul mundur ISIS dan mengambil alih teritori maka Obama bisa dikatakan gagal.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement