Selasa 24 Mar 2015 10:26 WIB

Jepang-Indonesia Sepakat Soal Keamanan Maritim

Rep: c15/ Red: Ani Nursalikah
Formasi kekuatan maritim RI (ilustrasi)
Formasi kekuatan maritim RI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang dan Indonesia meluncurkan forum maritim tingkat tinggi. Forum ini merupakan salah satu bentuk kerja sama dalam menjalin keamanan di laut dan untuk meningkatkan kerjasama kedua negara dalam hal infrastruktur laut.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Jokowi menandatangani pakta pertahanan pada Senin (23/3). Pakta tersebut berisi soal kerja sama kedua negara dalam hal pertahanan maritim. Selain itu, kedua negara sepakat mengadakan kerja sama bilateral dalam misi menjaga perdamaian serta pembangunan alutsista.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, Abe dan Jokowi sepakat mendirikan sebuah inisiatif bilateral untuk meningkatkan perdagangan dan investasi. Jepang sendiri rencananya akan menggelontorkan dana sekitar 1,17 miliar dolar sebagai pinjaman bunga rendah untuk MRT Jakarta.

"Kami akan memperkuat kemitraan strategis sebagai negara yang memiliki kekuatan di laut dan salah satu negara yang menjunjung tinggi demokrasi," ujar Abe.

Inti kesepakatan kedua negara adalah memfokuskan perhatian antara pasifik dan Samudra India, membangun pelabuhan laut dan jaringan logistik, serta mengembangkan industri perkapalan dan pariwisata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement