Selasa 24 Mar 2015 10:50 WIB

Wow, Ternyata Kotoran Manusia Mengandung Emas

Rep: melisa riska putri/ Red: Ani Nursalikah
Emas (ilustrasi)
Emas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kotoran manusia mengandung emas dan logam mulia lainnya yang bisa bernilai ratusan juta dolar.

Kathleen Smith dari Survey Geological Amerika Serikat mengatakan timnya menemukan logam seperti platinum, perak dan emas dalam limbah manusia tersebut.

"Emas yang kami temukan ada pada tingkat endapan mineral minimal," kata dia dikutip dari AFP, Selasa (24/3).

Sebuah studi terbaru oleh kelompok ahli lainnya di lapangan menemukan limbah dari satu juta orang Amerika bisa mengandung logam senilai 13 juta dolar.

Ia mengatakan menemukan cara mengekstrak logam dari limbah tersebut bisa membantu lingkungan, terutama memangkas aktivitas pertambangan dan mengurangi pelepasan yang tidak diinginkan dari logam ke lingkungan.

Jika pemisahan logam dan biosolid dapat dilakukan, maka pemanfaatan maksimal dapat terjadi. Biosolid yang terpisah dari logam dapat digunakan untuk ladang dan hutan sedangkan sisanya dapat diambil kembali logam dan elemen yang terkandung di dalamnya.

"Ada logam di mana-mana. Si produk perawatan rambut Anda, deterjen, bahkan non-partikel yang dimasukkan ke dalam kaus kaki untuk mencegah bau tak sedap," ujarnya.

Lebih dari tujuh juta ton biosolid keluar dari fasilitas air limbah AS setiap tahunnya. Sekitar setengahnya digunakan sebagai pupuk di ladang dan hutan, sedangkan setengah lainnya dibakar atau dikirim ke tempat pembuangan sampah.

Smith dan timnya berada pada misi untuk mencari tahu persis apa yang ada di dalam limbah mereka.

melisa riska putri 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement