Selasa 24 Mar 2015 19:02 WIB

Artis Ini Bakal Jadi Penumpang Pertama Wisata Antariksa Rusia

Rep: C07/ Red: Ilham
Sarah Brightman
Foto: Facebook
Sarah Brightman

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sejak tahun 2001, Rusia telah mengirimkan tujuh tamu yang membayar ke Stasiun Antariksa Internasional. Namun, penerbangan berbayar itu terhenti setelah adanya pembatasan program pada tahun 2009. 

Pada tahun 2018, Rusia akan mewujudkan wisata antariksa secara resmi, setelah selama bertahun-tahun hanya mengirimkan kosmonot dan astronot profesional.

Salah seorang yang menginginkan perjalanan ke antariksa adalah penyanyi sopran, Sarah Brightman. Penyanyi asal Inggris berusia 54 tahun itu bahkan sudah mempersiapkan perjalanan ke luar angkasa dan telah mengikuti pelatihan sejak Januari lalu. 

Ia diterima dalam pelatihan Badan Antariksa Federal Rusia sebagai peserta luar angkasa untuk penerbangan yang diatur oleh Space Adventures.

Wisata antariksa dianggap oleh banyak miliuner sebagai mimpi masa kecil yang bisa menjadi kenyataan. Sehingga, saat ada kesempatan pergi ke ruang angkasa, mereka tak peduli dengan harga yang harus dibayarkan.

Semenjak AS menutup program pesawat ulang-alik pada tahun 2011, perjalanan ke antariksa bergantung pada roket Soyuz, Rusia.

RKK Energia, produsen roket dari Rusia mengatakan, dalam sebuah laporan kuartalan yang dirilis pada Selasa (24/3), pihaknya akan terus mendandani roketnya. Hal itu untuk memungkinkan roket bisa melakukan penerbangan berawak dan mewujudkan wisata antariksa pada tahun 2018.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement