Kamis 26 Mar 2015 11:49 WIB

14 Tewas, 30 Luka di Daerah Industri Vietnam

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Ribuan pekerja Vietnam meninggalkan kawasan ekonomi Vung Ang
Foto: VOA
Ribuan pekerja Vietnam meninggalkan kawasan ekonomi Vung Ang

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Tentara dan polisi Vietnam bergabung dalam misi penyelamatan untuk mencari korban runtuhnya perancah besar. Insiden tersebut setidaknya menewaskan 14 pekerja dan melukai 30 lainnya di Vietnam tengah.

Dua pekerja tewas masih terperangkap di bawah reruntuhan tersebut. Semua korban diketahui merupakan warga Vietnam. Kejadian terjadi pada Rabu (25/3) malam waktu setempat di daerah ekonomi Vung Ang, provinsi Ha Tinh.

Namun, wakil kepala dewan manajemen zona ekonomi, Pham Tran De mengaku bila angka tersebut belum akurat. "Di lokasi pembanguna ada ribuan pekerja sehingga jumlah pekerja dalam belum bisa dihitung akurat," katanya dilansir dari Reuters, Kamis (26/3).

Wakil Ketua Komite Rakyat Provinsi, Dang Quoc Khanh mengatakan, penyelamat segera bekerja untuk membantu para korban. Korban yang berada dalam kondisi kritis juga telah mendapat penanganan di rumah sakit.

Kecelakaan itu terjadi di proyek pelabuhan yang merupakan bagian dari kompleks milik Formosa Taiwan. Surat kabar Thanh Nien memberitakan, para pekerja berasal dari sub-kontraktor Vietnam yang bekerja untuk salah satu unit dari Samsung Group Korea Selatan, Samsung C & T Corp.

Insiden itu sekaligus menjadi kemunduran terbaru di zona ekonomi Vung Ang. Sebab, tahun lalu daerah tersebut dilanda kerusuhan dan pembakaran. Serangan ditujukan ke fasilitas yang mempekerjakan pekerja Cina. Hal itu didasari sentimen anti-Cina yang meletus setelah pertikaian wilayah maritim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement