Kamis 26 Mar 2015 13:33 WIB

Lanskap Permukaan Planet Mars Terungkap dari Foto Ini

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi
Foto: NASA
Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah hamparan baru lanskap merah berdebu planet Mars telah terungkap dalam sebuah gambar yang diambil oleh kendaraan NASA, Rover Oportunity.

Seperti diberitakan laman 9 News, edisi Kamis (26/3), panorama tersebut masih menunjukkan bagian dari lembah Marathon si Planet Merah yang terletak di tepi barat kawah Endeavour. Gambar tersebut diambil pada 13 Maret 2015 lalu.

Foto itu diambil sebagai bagian dari eksplorasi berkelanjutan  pengembaraan Mars yang pertama kali dimulai pada 2004. The Rover Opportunity akan menyelidiki lembah tersebut dan mencari tanda-tanda kemungkinan adanya air.

Pengamatan oleh pesawat ruang angkasa Mars Reconnaissance Orbiter Mars telah menemukan ukti mineral lempung di lembah tersebut. Kisah kuno mengatakan bila itu artinya daerah tersebut merupakan lingkungan basah.

Namun, Mars secara keseluruhan memiliki penampilan kering, planet tandus. Meski begitu, ilmuwan telah lama berspekulasi bila mungkin pernah ada air yang melimpah di sana. Salah satu tujuan dari eksplorasi Mars ini adalah menentukan ada tidaknya air di planet tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement