Jumat 27 Mar 2015 02:28 WIB

Ajaib, Bayi Ini Lahir dengan Angka 12 di Keningnya

Red: Ilham
Hanru van Niekerk
Foto: The Mirror Online
Hanru van Niekerk

REPUBLIKA.CO.ID, Afrika -- Seorang bayi bernama Hanru van Niekerk lahir dengan tanda di keningnya. Uniknya, tanda tersebut berupa angka 12 yang muncul tepat di tengah dahinya. Hanru lahir di Afrika Selatan pada 11 November, lalu.

Awalnya, keluarganya tidak menyadari adanya tanda itu karena sedang berforia menyambut kedatangannya. Bahkan, neneknya, Catherine Jooste (70), mengaku melihat keberadaan nomor itu setelah dikasih tahu oleh keluarganya.

"Putri bungsu saya adalah orang pertama yang melihatnya dan dia mengatakan ada 1 dan 2 di dahinya. Kami tidak khawatir tentang hal itu, dokter mengatakan akan memudar saat ia besar," katanya dilansir The Mirror Online, Selasa (27/3).

Keluarga dari kota Johannesburg di Afrika Selatan itu mengatakan, mereka telah begitu terbiasa dengan tanda lahir. Karena itu mereka hampir tidak menyadarinya sehingga mereka tetap bisa menikmati kehadiran Hanru di dunia.

Dermatolog, Patrice Hyde mengatakan, bayi dapat mendapatkan tanda lahir sebelum atau sesaat setelah lahir. "Hemangioma adalah sekelompok pembuluh darah kecil yang tumbuh di daerah tertentu pada kulit, itu sebabnya mereka biasanya terlihat merah atau ungu," katanya.

Dia menjelaskan, bisa jadi tanda itu adalah karena pembuluh darah yang merupakan tabung kecil berkumpul. "Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan pembuluh darah berkumpul, tapi ada baiknya untuk mengetahui bahwa sebagian besar tanda lahir bukan tanda apa pun dari penyakit dan biasanya tidak sakit sama sekali."

Hyde menambahkan, sebagian besar tanda lahir biasanya memudar atau hilang dengan sendirinya. Tetapi, ada beberapa trik dan obat untuk menghilangkan dengan segera jika tanda itu mengganggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement